Cara Menggunakan WordPress Untuk Pemula

Cara Menggunakan WordPress Untuk Pemula

cara menggunakan wordpress untuk pemula – Ketika seseorang yang baru mengenal blog maka akan mempunyai keinginan untuk membuat blog, perlu diketahui banyak sekali pilihan situs situs penyedia layanan blog dan banyak sekali cms cms blog. Diantaranya yang saya gunakan yaitu penyedia layanan blog gratis dari google yaitu blogger dan cms blog yang saya gunakan yaitu wordpress.

Pertama kali saya tahu blog itu dari teman saya pas waktu smp dan saya membuat blogger.com atau blogspot.com. Alasan saya menggunakan blogspot atau blogger karena mudah digunakan untuk pemula dan layanannya gratis. Namun seiring waktu berjalan saya menemukan sebuah tutorial mengenai blog yaitu mengenai wordpress. Aawalnya saya tidak tahu apa itu wordpress dan akhirnya saya tahu bahwa wordpress adalah layanan dan cms untuk blog.

Tidak lepas dari itu saya bingung ketika saya browsing mengenai wordpress terdapat 2 url yaitu wordpress.com dan wordpress.org. Lalu saya meminta tolong kepada teman saya yang ahli dalam blog menjelaskan perbedaan wordpress.org dan wordpress.com.

perbedaan wordpress.com dan wordpress.org

Sebelum masuk kedalam penjelasan cara menggunakan wordpress bagi pemula saya akan memaparkan dahulu mengenai wordpress. Karena wordpress ada dua jenis yaitu wordpress.com dan wordpress.org. Kedua duanya sama yaitu menggunakan wordpress namun keduanya sangat memiliki banyak perbedaan khususnya pada tujuannya, adapun perbedaan wordpress.com dengan wordpress.org yaitu.

1. mengenal wordpress.com

wordpress.com adalah yaitu merupakan sebuah website atau situs yang menyediakan layanan blog gratis seperti blogger.com atau blogspot.com, namun untuk fitur nya terbatas tidak semua gratis dan anda harus membayarnya bilamana ingin semua fitur bisa digunakan. Diantaranya wordpress.com membatasi kapasitas serta blog tidak bisa diatur atau diedit oleh pribadi seperti halnya pada template, tidak bisa menggunakan template lain, bilamana ingin menggunakan plugins harus bayar dahulu.

2. mengenal wordpress.org

wordpress.org adalah sebuah situs yang menyediakan layanan wordpress mulai dari template atau tema, plugins, cara mengamankan wordpress, serta terdapat sebuah forum diskusi untuk pengguna cms wordpress.
Bilamana kita ingin mempunyai cms wordpress kita bisa mendownloadnya dari wordpress.org dan menginstallnya di website kita. Perlu anda ketahui sebelum anda menginstall cms wordpress anda harus mempunyai domain dan hosting terlebih dahulu karena menginstall wordpress anda harus membangun website anda terlebih dahulu.

Nah itulah mengenai perbedaan singkat tidak rinci antara wordpress.com dan wordpress.org. Bagi anda yang ingin mempunyai blog berbasi wordpress saya sarankan lebih baik anda terlebih dahulu membeli domain dan hosting dan menginstall wordpress secara otomatis lewat softaculous. karena apabila menggunakan wordpress.com terbilang ribet sebab tidak bisa mendapatkan akses secara keseluruhan.

Seseorang mempunyai blog tentunya dengan tujuan perbeda beda ada yang menjadikan blognya sebagai media curhat, sebagai tempat memamerkan hasil karyanya ada juga yang menghasilkan uang dari blog. Sebelum anda sebagai pemula naik kelevel selanjutnya alangkah baiknya mengenal apa saja yang terdapat pada wordpress supaya anda tahu kegunannya dan bisa memanfaatkannya sebaik baiknya. Berikut merupakan fitur fitur dan apa saja yang terdapat pada wordpress Dashboard, Posts, Media, Pages, Comments, Appreance, Plugins, Users, Tools, Settings.

Mengetahui apa saja yang terdapat pada blog wordpress

Cara Menggunakan WordPress Untuk Pemula

Seperti halnya pada penyedia layanan blog gratis yaitu blogspot atau blogger di wordpress juga tersedia menu menu dan fitur fitur yang berbeda. diantaranya Dashboard, Posts, Media, Pages, Comments, Appreance, Plugins, Users, Tools, Settings. Sebelum mencoba menu menu yang diatas, tentunya kita harus login terlebih dahulu, karena apabila tidak login maka tidak akan bisa mencobanya. Nah apalabila setelah anda melakukan login maka akan muncul yaitu.

1.Dashboard

Dashboard merupakan halaman admin setelah user melakukan login. Pada dashboard terdapat informasi informasi mengenai blog wordpress kita diantaranya komentar yang berstatus pending, spam, approve. Setelah itu terdapat informasi Berita mengenai wordpress.

Dan pada halaman dashboard terdapat menu shortcut diantaranya untuk membuat posting , menambah halaman.

2. Posts

Posts merupakan halaman konten posting. Pada halaman posts terdapat sub menu Add New, Categoris, Tags. Fungsi dari Sub menu “Add New” yaitu untuk membuat artikel baru. Fungsi dari sub menu “Categories” untuk mengatur, menambah, mengedit dan menghapus kategori artikel. Dan fungsi dari sub menu “Tags” berfungsi untuk mengatur, mengedit, menambah dan menghapus tags.

Pada halaman posts terdapat konten artikel yang bersifat “Published” yang artinya konten artikelnya sudah dipublikasikan dan bisa dilihat oleh semua orang.  Selain “published” terdapat juga konten artikel yang bersifat “Draft” yang artinya konten artikelnya belum dipublikasikan dan belum bisa dilihat oleh semua orang. Dan yang terakhir “Trash” merupakan tempat konten artikel yang sudah dihapus.

3. Media

Media merupakan halaman yang terdapat pada halaman admin blog wordpress yang berisi file gambar atau video atau file lainnya yang pernah kita upload atau kita bisa mengupload atau mengunggah file gambar dan video. Pada halaman media ini kita bisa menghapus file seperti gambar, video, suara dan attachment yang pernah diupload.

4. Pages

Pages adalah fitur dari halaman admin blog wordpress yang berfungsi mengatur halaman seperti kita bisa menambahkan halaman blog, bahkan menghapus halaman blog. Biasanya halaman yang sering dibuat oleh blogger yang menggunakan wordpress yaitu About, Contact, Sitemap.

5. Comments

Comments atau komen merupakan halaman yang mengatur seluruh komentar yang terdapat pada blog tersebut. Pada halaman komentar biasanya terdapat komentar yang bersifat pending, approved, spam, trash. Biasanya komentar yang ditulis oleh seseorang terhadap blog kita akan berstatus pending, dan tidak akan tampil karena belum diberikan tindakan approve oleh kita. Sehingga blog wordpress kita terhindar dari spam.

Uniknya pada halaman komentar ini bilamana ada komentar yang ditulis pengunjung bisa diedit oleh kita sehingga kita bisa memanipulasi bilamana ada komentar yang provokasi.

6. Appearance

Appearance merupakan halaman admin pada blog wordpress yang berfungsi mengatur tampilan blog, seperti mendesain, mengatur menu, mengedit script tema. Pada appearance terdapat submenu Themes, Customize, Widget, Menus dan Editor.

Submenu Themes berfungsi menglihat tema yang sedang dipakai dan informasi mengenai tema yang sedang digunakan. Sedangkan untuk submenu customize adalah sebuah fitur yang berfungsi mengatur tampilan blog sesuai kita seperti judul blog, footer, dan masih banyak lagi. Sedangkan pada submenu widgets adalah untuk menambahkan widget seperti recent posts, kategori, kode html dan masih banyak lainnya pada sidebar. Umumnya sidebar blog wordpress terdapat disebelah kanan konten artikel. Selanjutnya pada submenu menus berfungsi untuk menambah, menghapus atau mengatur menu pada blog wordpress. Dan yang terakhir adalah submenu editor. Submenu editor berfungsi untuk mengedit kode script template atau tema yang sedang dipakai. Biasanya submenu editor ini digunakan untuk mengembangkan templatenya supaya menjadi lebih baik.

7. Plugins

Plugins adalah fitur wordpress seperti extensions. Jadi kita bisa menambahkan extensions atau plugins untuk menambah fungsi blog. Seperti plugins related post yang berfungsi menambahkan related post pada blog wordpress, padahal sebelum menambahkan plugins related post, related post belum ada. Jadi inti dari plugins itu untuk menambahkan fungsi atau menambah fitur blog wordpress.

Pada plugins terdapat submenu yang berstatus “Installed” yang artinya daftar plugins yang sudah diinstall. Selanjutnya submenu “Add New” berfungsi untuk menambahkan plugins baik dari repository wordpress.org ataupun bisa dengan cara mengupload script plugins. Untuk sub menu “editor” plugins sama halnya seperti “editor” pada sub menu appearance yang berfungsi untuk mengedit atau menambahkan atau mengembangkan plugins tersebut.

Pada halaman installed plugins kita bisa mengaktifkan plugins, mematikan plugins, menghapus plugins dan mengupdate atau memperbarui plugins.

8. Users

Users merupakan halaman admin pada blog wordpress yang berupa daftar users atau anggota yang sudah terdaftar pada blog wordpress tersebut. Apabila kita statusnya user admin maka kita bisa menambahkan user lain, dan menghapus users lain.

9. Tools

Untuk tools yaitu sebuah fitur yang berfungsi menambahkan dan menggunakan plugins yang bersangkutan dengan import dan export blog wordpress.

10. Settings

Settings atau pengaturan merupakan halaman untuk mengatur blog wordpress. Pada halaman ini kita bisa mengatur nama blog wordpress, nama alternate blog wordpress, mengatur jumlah postingan yang tampil pada halaman depan, mengatur feed yang tampil, mengatur permalik supaya baik, dan masih banyak lainnya.

Demikian artikel mengenai Cara Menggunakan WordPress Untuk Pemula, semoga bermanfaat.

Cara Menggunakan WordPress Untuk Pemula | Patas Computer | 4.5