Domain Name System atau DNS

Domain Name System atau DNS

Domain Name

Domain Name atau Nama Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer, seperti web server atau e-mail server, di jaringan komputer ataupun internet. Domain berfungsi mempermudah pengguna internet untuk melakukan akses ke server dan mengingat server yang dikunjungi dibandingkan harus mengenal deretan nomor atau yang dikenal dengan IP Address. Domain name atau nama domain juga dikenal sebuah kesatuan dari sebuah situs contohnya, google.com , youtube.com , gmail.com, blogger.com, abc.xyz, facebook.com, twitter.com, instagram.com, path.com, wikipedia.org, pandi.id, pattascomputer.org, devilzc0de.org, indonesianbacktrack.or.id, ads.id, dan masih banyak lainnya. DNS pertama kali dikembangkan oleh Jon Postel dari Information Science Institue (ISI) di University of Southern California (USC). Jon Postel juga sangat berjasa dalam berbagai hal, seperti alokasi alamat IP internet, manajemen DNS, tipe media dan berbagai alokasi nomor untuk tata cara komunikasi penting di internet.Komputer yang terhubung dengan jaringan internet memiliki nomor unik untuk dapat berkomunikasi satu dengan lainnya. Nomor unik sebagai bahasa komunikasi yang digunakan disebut dengan protokol, yaitu protokol TCP/IP. Nomor unik yang tersusun atas 32 bit yang dibagi menjadi 4 segmen. Tiap segmen terdiri atas 8 bit yang dipisahkan oleh titik. Angka yang ddiisikan antara 0.0.0.0 sampai dengan 255.255.255.255. Jadi nomor unik yang tersedia sekitar 255 x 255 x 255 x 255 sama dengan 4.228.250.625. Untuk mengingat banyak nomor unik atau IP Address tidaklah mudah. Misalnya alamat IP untuk stius web google.com adalah 74.125.228.194. Untuk menggantikan nomor unik atau IP Address dibuatlah domain name atau nama domain yang bertujuan untuk memudahkan dalam mengingat sebuah alamat komputer atau situ web. Contoh nama domain gmail.com yang merupakan penggganti angka dari IP Address 74.125.228.213.

Top Level Domain atau TLD

Domain memiliki tingkatan atau hierarki untuk memudahkan dalam pengidentifikasian. Top Level Domain adalah level domain yang terletak pada level satu. Top level domain dibagi menjadi dua kelompok, yaitu:

  1. gTLD (generi Top Level Domain), yaitu domain yang terdiri atas berbagai jenis domain umum
    gTLD Penggunaan
    com komersial
    net penyedia jasa jaringan internet
    org organisasi non komersial
    info situs informasi
    biz kalangan koperasi
    coop kalangan kopersi
    aero maskapai penerbangan
    museum museum atau pihak yang bersangkutan dengan museum
    name domain individu
    pro kalangan professional
    edu lembaga pendidikan
    gov lembaga pemerintahan
    int organsasi internasional
    mil kemiliteran
    tv untuk pertelevisian
    audio untuk yang berhubungan dengan suara
    software untuk penjual software
    tech berhubungan dengan teknologi
    actor para aktor
  2. ccTLD (country code Top Level Domain), yaitu domain yang digunakan berdasarkan kode suatu negara
    ccTLD Negara
    id Indonesia
    uk Inggris
    my Malaysia
    sa Saudi Arabia
    fr Perancis
    sg Singapura
    cn China
    ru Rusia
    jp Jepang
    us Amerika
    au Australia
    tw Taiwan
    de Germany
    br Brazil
    ar Argentina
    cl Chile
    es Spanyol
    ae Uni Emirat Arab
    ir Iran
    af Afganistan
    al Albania
    ca Kanada
    in India
    it Italy
    hk Hongkong
    iq Iraq
    kr Korea
    nl Belanda
    pt Portugal
    tr Turki
    zw Zimbabwe
    za Afrika Selatan
    ye Yemen
    vn Vietnam
    uz Uzbekistan
    ur Uruguay
    ua Ukraina
    ug Uganda
    tz Tanzania
    tn Tunisia
    th Thailand
    mm Myanmar
    mn Mongolia
    mo Macau
    mx Meksiko
    mc Monaco
    ma Moroko
    lk Sri Lanka
    pl Polandia

Second Level Domain

Second Level Domain adalah domain name atau nama domain internet yang berada pada level kedua. Misalnya, sebuah website www.google.com maka yang disebut second level domainnya adalah “google”. Di Indonesia, untuk second level domain yang tergolong domain negara ditentukan dengan cara tertentu misalnya domain www.google.co.id , second level domainnya adalah co.id. Second level domain indonesia terdiri dari:

  1. co.id digunakan untuk perusahaan berbadan hukum sah yang memiliki SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan atau badan hukum sah yang berbentuk PT, PK, atau firma yang memiliki akta serta izin usaha yang terkait. Perusahaan yang mendaftarkan dalam merek dagang harus merupakan perusahaan pemilik hak merek dagang yang bersangkutan. Identitas yang digunakan untuk pendaftaran adalah surat Bukti Kepemilikan Merk yang di sahkan Kemenkumham RI.
  2. go.id digunakan untuk instansi atau lembaga penyelenggara negara ekesekutif, legislatif dan yudikatif dan lembaga independen yang dibentuk oleh pemerintah seperti situs www.mpr.go.id.
  3. ac.id digunakan bagi lingkungan akademik atau perguruan tinggi di Indonesia. Perguruan tinggi yang dapat mendaftarkan domain ac.id mencakup lembaga yang sekurangnya memiliki program Diploma 1 (D1) dan beroperasi sesuai dengan perundangan yang berlaku, termasuk perguruan tinggi yang bukan dibawah naungan Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi atau Dikti, Seperti UIN dan Akademi Departemen, contoh seperti situs www.itb.ac.id.
  4. sch.id digunakan untuk lembaga pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan, seperti RA, PAUD, TK, TPA, MDA, MDW, SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA/SMK serta beroperasi sesuai dengan perundangan yang berlaku, termasuk lembaga pendidikan yang bukan dibawah naungan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen), seperti Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, dan lainnya contoh seperti www.sman4-tsm.sch.id.
  5. mil.id digunakan untuk lembaga militer Republik Indonesia seperti www.tnial.mil.id
  6. net.id digunakan untuk perusahan yang memiliki izin usaha telekomunikasi (ISP, Telco, Vsat dan Seluler) dari pemerintah. Satu izin berhak mendapatkan satu domain net.id contoh seperti www.telkom.net.id.
  7. or.id digunakan bagi lingkungan segala macam organisasi, yayasan, perkumpulan ataupun komunitas contoh seperti www.indonesianbacktrack.or.id.
  8. web.id digunakan bagi organisasi umum atau pribadi selain ac, co, go , net , or, sch dan mil.

Second Level Domain dikelola oleh PANDI atau Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (www.pandi.id) yang berada dibawah naungan Kementrian Komunikasi dan Informasi. PANDI adalah badan hukum yang dibentuk oleh perwakilan dari komunitas teknologi informasi dan telah memenuhi syarat seabgai badan hukum di Indonesia. Kita dapat mendaftarkan domain second level domain melalui situs web PANDI di www.pandi.id

Third Level Domain atau Subdomain

Third Level Domain adalah Domain name atau nama domain yang ada pada level tiga. Domain name atau nama domain ini diletakkan sebelum Second Level Domain, misalnya. mail.google.com, “mail” adalah domain level tiga. Di Indonesia contoh dari third level domian adalah www.google.co.id, google adalah domain level tiga.

Mendapatkan Domain Name atau Nama Domain

Untuk memiliki sebuah domain name kita harus membelinya pada sebuah website yang berjualan domain atau kepada orang yang berjualan domain. Website yang menjual domain disebut dengan WEBHOST. WEBHOST merupakan sebuah website yang menjual domain name atau nama domain, menjual hosting, menjual server, dan menjual jasa website lainnya. Untuk membeli domain pada webhost kita bisa mencari sebuah webhost pada mesin pencari Google tuliskan kata “Webhost” maka akan bermunculan daftar webhostnya seperti contoh berikut kita bisa membeli nama domain atau domain name pada website, www.rumahweb.com ,www.dapurhosting.com, www.hostgator.com, www.idwebhost.com, www.hosting.id, www.masterweb.com, dan lainnya.

Untuk membeli domain name atau nama domainnya kita harus menambahakan dulu ke keranjang belanja kita dan nanti akan muncul nomor rekening webhost juga jumlah nomonal uang yang harus di transfer, apabila sudah di transfer maka kita tinggal mengkonfirmasi nya dengan menghubungi customer support.

Domain Name System atau DNS | Patas Computer | 4.5