Membuat Homepage Statis Dengan Mudah

Membuat Homepage Statis Dengan Mudah

Membuat Homepage Statis – Untuk memiliki homepage di Internat, harus membuat dulu halaman web-nya. Cukup mudah untuk membuat halaman web, apalagi jika menggunakan perangkat lunak berbasis editor php atau editor html. Pada postingan kali ini akan mempelajari dasar dasar Membuat Homepage Statis untuk menjadi seorang calon desainer web yang profesional.

contoh halaman web statis

Tidak terlalu sulit untuk mewujudkan keinginan Membuat Homepage Statis sendiri di Internet. Di internet tersedia banyak situs yan
g menyediakan fasilitas webhosting. seperti rumahweb, dapurhosting, hostgator, hawkhost, dan
masih banyak lagi lainnya. Dalam 1 jam sudah bisa mempromosikan alamat homepage kepada orang lain dan bisa mengaksesnya.

Perangkat Lunak Membuat Homepage Statis

Homepage statis merupakan sebuah halaman web atau website yang ditampilkan lewat web browser diformat menggunakan bahasa HTML. File HTML merupakan file ASCII atau file teks yang dapat diedit dengan sembarang editor, baik editor teks atau editor html. Semula, para pembuat homepage statis harus menuliskan atau membuat kode-kode bahasa pemrograman HTML (tag) pada perangkat lunak atau software editor teks atau editor bahasa pemrograman itu sendiri. Dengan demikian, seseorang yang akan membuat homepage statis harus benar-benar memahami bahasa pemrograman bahasa yang akan dibuat, contohnya HTML. Pada perkembangan selanjutnya, bermunculan program-program editor HTML yang bersifat WYSIWYG (What you see is what you get) yang dapat digunakan untuk membuat halaman web tanpa harus memahami bahsa pemrograman HTML, akan tetapi lebih baik harus memahami bahasa pemrograman HTML karena dapat membuat tampilan Homepage Statis lebih enak dilihat. Berikut perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membuat homepage statis.

Editor Teks

Membuat Homepage Statis salah dengan menggunakan editor teks mempunyai keuntungan salah satunya adalah ukuran file, yang biasanya secara otomatis ditambahkan oleh editor HTML yang bersifat WYSIWYG. Beberapa editor khusus HTML (yakni editor teks yang khusus dirancang untuk mengedit file HTML tetapi tidak bersifat WYSIWYG) menawarkan fasilitas-fasilitas yang nyaman dan mudah untuk mengedit dokumen HTML. Editor-editor ini tidak hanya mampu mengenali tag-tag dasar HTML, tetapi juga tag-tag tingkat lanjut, seperti CSS (Cascading Style Sheet), XML (Extended Markup Languange) dan Javascript.

Editor teks juga memudahkan penyuntingan teks HTML karena menggunakan syntax highlighting (pewarnaan teks untuk membedakan teks naskah dan perintah/tag HTML), tollbar dan tombol jalan pintas (shortcut), wizard dan auto-complete untuk menyisipkan struktur dan elemen-elemen HTML secara cepat. Sekali lagi, untuk dapat membuat dokumen web menggunakan editor teks, harus mengenal dan memahami bahasa HTML, CSS dan bahasa pemrograman web yang lainnya.

Editor HTML

Sesuai sebutannya (bukan nama), editor WYSIWYG memberikan fasilitas pembuatan halaman web dengan cara yang praktis. Dengan fasilitasnya, tak harus memahami bahasa HTML untuk membuat halaman web. Editor HTML WYSIWYG pada hakikatnya dapat dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu editor HTML dari software pengolah kata dan software editor yang khusus mengedit bahasa HTML atau editor web.

Editor HTML dari Program Pengolah Kata

Menggunakan program pengolah kata yang memiliki kemampuan mengubah dokumen ke format HTML. Tidak harus memahami bahasa HTML karena cukup mengedit teks dan memformat halaman atau paragraf menggunakan menu-menu dan tool-tool yang disediakan secara visual. Mungkin sudah cukup familian dengan Program Paket aplikasi Ms Office. Sudah memahami cara menggabungkan objek ke dalam dokumen, mengubah warna teks, warna background, membuat tabel dan sebagainya. Mungkin juga sudah tahu bahwa dokumen Ms Office tersebut dapat disimpan dalam format halaman web (*.htm atau *.html).

Program Khusus Editor HTML

Program yang dirancang khusus sebagai editor HTML atau editor WEB biasanya menyediakan 2 modus pengeditan, yakni modus HTML (mirip dengan editor teks, harus menuliskan kode-kode HTML meskipun dapat dilakukan melalui menu atau tool-tool khusus) dan modus WYSIWYG (mirip pengolah kata, tak perlu menuliskan tag-tag HTML). Contoh editor web dengan modus WYSIWYG antaralain Macromedia Dreamweaver, Namo WebEditor, Ms Frontpage, Netscape Composer, dan masih banyak lagi.

Layout Homepage dengan Editor Teks

Homepage Statis – seperti disebutkan bahwa HTML adalah bahasa pemrograman untuk membuat halaman web disebut markup karena hanya terdiri atas perintah-perintah yang disebut tag untuk mengatur format dokumen. Oleh browser, tag tersebut diterjemahkan untuk menampilkan struktur dan format dokumen. File HTML merupakan file ASCII yang terdiri atas teks dan tag-tag untuk mengatur dan memformat teks. Setiap tag ditulis di dalam tanda kurung sudut secara berpasangan, bentuk umum tag tersebut adalah<TAG>teks untuk diformati</TAG> dengan TAG adalah nama perintah HTML. perhatikan, tag penutup diawali dengan tanda garis miring(/). Beberapa tag memiliki atribut dan nilai yang dapat ditulis di belakang tag pembuka.

Karena merupakan file ASCII, dokumen HTML dapat dibaca oleh semua jenis komputer tanpa membedakan sistem operasinya. Inilah salah satu keuntungan dokumen HTML yang merupakan salah satu dokumen standar di Internet. Meskipun demikian, tampilan halaman web pada sebuah browser tergantung (setidaknya) pada tiga hal, yaitu tag HTML yang dipakai, browser yang dipakai saya sarankan memakai Google Chrome, dan karakteristik monitor yang dipakai. Tag HTML tidak mendefinisikan bagaiman seharusnya halaman web terlihat, melainkan menjelaskan bagaimana menampilkan elemen-elemen halaman web, seperti judul, subjudul, daftar, pargraf dan sebagainya. Web browserlah yang memformat tampilan halaman web. Tampilan sesungguhnya mungkin tergantung monitor yang dipakai, dan untuk mengatasi itu saya sarankan tambah script pada css untuk membuat web menjadi responsive.

Penulisan tag HTML bersifat tidak case sensitif. Artinya huruf kapital tidak dibedakan dengan huruf nonkapital. Tag <HTML>, misalnya dianggap samap dengan tag <html> atau <Html> atau <hTmL>. Akan tetapi sebaiknya memiliki gaya penulisan tag yang konsisten untuk memudahkan penulusan kesalah (debugging). Setiap dokumen HTML secara umum terdiri atas 2 bagian, yaitu bagian kepala <head> dan bagian tubuh atau utama <body>. Bagian kepala terletak diantara tag <HTML> dan </HEAD>. Bagian utama diapit oleh <BODY> dan </BODY>. Setiap file HTML selalu diawali tag <HTML> dan diakhiri dengan tag </HTML>. Pada bagian kepala dapat digunakan tag <TITLE> Untuk menampilan judul dokumen pada bagian atas layar browser. Perintah-perintah atau tag-tag lain biasanya dituliskan di dalam tag <BODY> bersama-sama dengan teks dokumen. Tag-tag di bagian utama dapat digunakan untuk menampilkan judul dan subjudul, daftar (list), pargraf, pengaturan huruf, tabel, gambar, hyperlink dan lain-lain sesuai kebutuhan. Berikut ini ditunjukan contoh file HTML sederhana berserta tampilannya pada browser.

Tampilan file HTML

Tampilan tag html

Tampilan hasil tag html

Tampilan hasil tag html

Jika file tadi dibaca dengan web browser maka akan melihat seperti diatas.

Tadi sudah diperkenalkan dengan elemen-elemen dasar HTML dan dapat membuat dokumen HTML dengan menggunakan editor teks seperti Notepad++. Sudah diketahui, setiap dokumen HTML terdiri atas dua bagian, yakni: bagian kepala (diapit oleh tag head) dan bagian tubuh/utama yang berisi naskah dan diapit oleh tag body. Seluruh dokumen HTML diapit oleh tag html. Berikut ini akan dijelaskan cara memformat dokumenn web menggunakan salah satu editor terks yaitu Notepad++. Untuk sementara cukup mengetahui tag-tag HTML untuk memformat dokumen yang sederhana. Dan pada artikel selanjutnya akan membahas lanjutan tentang posting ini yaitu Layout Homepage dengan Editor Teks dan Editor Khusus

Membuat Homepage Statis Dengan Mudah | Patas Computer | 4.5